Breaking News
Home / Guru / SARIPIN, S. KOM : SOSIALISASI ITU PENTING

SARIPIN, S. KOM : SOSIALISASI ITU PENTING

MAN 2 Metro (Inmas) — Setiap tahunnya jumlah siswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi sangat besar bahkan terus meningkat. Hal ini karena dipengaruhi dengan faktor persyaratan yang menuntut calon para pekerja untuk memiliki gelar minimal S-1.

Dari sekian banyaknya Perguruan tinggi atau Universitas yang paling dicari dan diminati adalah PTN semisal UNILA, UNSRI, ITERA, UI, ITB, UNPAD, UGM, UNY, UNNES, UNDIP, POLTEKKES, dan STAN serta perguruan perguruan tinggi ikatan dinas.

Namun tidak halnya dengan peminat Perguruan Tinggi Agama seperti STAIN, IAIN dan UIN sangat jarang sekali siswa menentukan pilihan pertama pada Perguruan Tinggi Agama. Mereka lebih condong pada perguruan tinggi umum. Padahal jika dilihat dari sisi kualitas perguruan tinggi agama tidaklah kalah dengan perguruan tinggi umum bahkan sebagian perguruan tinggi agama lebih mumpuni dibandingkan yang lainnya.

Awalnya hal ini tidaklah berbeda jauh dengan apa yang ada di MAN 1 Metro, mayoritas siswa memilih perguruan tinggi umum sebagai pilihan pertama, tetapi setelah MAN 1 Metro mengadakan Sosialisasi terkait SPAN UM PTKIN 2017 bekerja sama dengan IAIN Metro dan yang menjadi pembicaranya adalah bapak Husnul Fatarib, Ph.D, jumlah siswa yang merencanakan untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri Agama semakin banyak, bahkan sederet nama telah mereka pilih diantaranya IAIN Metro, IAIN Raden Intan Bandar Lampung, bahkan perguruan tinggi agama yang berada di pulau jawa menjadi target mereka, sebut saja UIN Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, IAIN Sunan Ampel Surabaya dll.

Setelah adanya sosialisasi dari IAIN Metro, jumlah siswa yang berminat ke STAIN, IAIN, dan UIN meningkat. Ini sangat menjelaskan ke kita bahwa sosialisasi itu sangat penting, tuturnya. (Januar/ijal)

Leave a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.